Selasa , 29 Juli 2014
HEADLINES
Anda Berada di: Home | Daerah | Pertarungan maut 6 pencari kayu VS 4 Harimau: 1 orang tewas mengenaskan

Pertarungan maut 6 pencari kayu VS 4 Harimau: 1 orang tewas mengenaskan

Harimau Sumatera

Harimau Sumatera

KUALASIMPANG (Care)-Nasib malang menimpa 6 orang pencari  kayu yang berasal dari Desa Simpang Kiri, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang Rabu (3/7/2013) dini hari.

Saat mereka mencari kayu alim (Aquilaria malaccensis), sejenis kayu gaharu,  di pedalaman hutan Leuser, tepatnya di pucuk Sungai Rengas, Tenggulun mereka dikepung empat ekor harimau Sumatera.

Satu di antara mereka yang bernama, David (28), tewas diterkam dan dimangsa si raja hutan, sedangkan lima lainnya, Adi Susilo (37), Mujiono (33), Budi Setiawan (36), Suriadi (39), dan Awaluddin (26) berhasil menyelamatkan diri dengan cara berlari kencang dan memanjat pohon tinggi pada malam buta,namun, hingga Jumat (5/7/2013) kemarin keempat harimau tersebut masih menunggu para pencari kayu alim itu di bawah pohon yang mereka panjat.

Petugas penyelamatan yang terdiri dari 31 orang  kesulitan melakukan evakuasi demi menghindari jatuhnya korban, sebab gerombolan harimau Sumatera tersebut masih setia menunggui mangsanya dibawah rerimbunan pohon.

“Kami sudah turunkan team evakuasi sebanyak 31 orang, namun belum berani mendekat khawatir diserang harimau tersebut”.  Ujar  Kapolsek Kejuruan Muda, Iptu Surya Purba, Jumat (5/7/2013).

Kejadian itu bermula ketika salah satu dari rombongan memberikan kabar via ponsel  kepada warga di desa tentang tewasnya rekan mereka, David akibat diterkam harimau.

Diduga gerombolan harimau tersebut marah dan membalas dendam kepada 6 pria tersebut disebabkan anak harimau tewas terkena jerat mereka yang memasang jerat untuk memerangkap hewan yang bisa dimakan, seperti kancil atau rusa.

Tidak disangka setelah kejadian disaat  mereka beristirahat  sekitar pukul 03.00 WIB muncul empat ekor harimau dewasa yang diduga induk harimau yang marah karena anaknya mati. Keenam pencari kayu alim itu langsung berlari sekencang-kencangnya  mencari pohon terdekat untuk dipanjat.

Namun naas salah satu dari mereka, David, terjatuh dan langsung diterkam harimau. “Informasi terakhir, tubuh korban tinggal setengah setelah dimakan oleh empat harimau,” ujar Kapolsek mengutip keterangan datok penghulu (kepala desa).

Sedangkan lima rekannya berhasil menyelamatkan diri di atas pohon. Namun, keempat raja hutan itu tak mau menjauh dari lokasi. Mereka masih tetap mengepung dan menunggu di bawah pohon tempat para pencari kayu itu menyelamatkan diri.

“Sementara mereka tidak turun-turun, karena harimau masih mengintainya di bawah pohon,” ujar Iptu Surya Purba.

Sementara itu, Tim Basarnas TNI/Polri hari ini bergerak ke lokasi untuk menolong pencari kayu alim yang masih hidup.

Kapolsek juga sudah menghubungi pihak Aceh KSDA Tamiang. “Namun, mereka belum turun ke lokasi, dengan alasan itu bukan wewenang mereka dan lokasi kejadian berada di dalam hutan, bukan di lokasi perkampungan penduduk,” kata Surya Purba mengutip keterangan petugas KSDA yang dia hubungi via telepon.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top