Kamis , 23 Oktober 2014
HEADLINES
Anda Berada di: Home | Jabodetabek | Jokowi: Pembangunan MRT Direalisasikan Pada Bulan Ini

Jokowi: Pembangunan MRT Direalisasikan Pada Bulan Ini

ilustrasi

ilustrasi

Jakarta – Setelah beberapa kali gagal menepati janji dalam memutuskan kelanjutan proyek Mass Rapid Transit (MRT) dan Monorel, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan kedua proyek pembangunan moda transportasi massa itu akan direalisasikan bulan ini.

“MRT dan monorail akan dimulai bulan ini,” kata pria yang akrab disapa Jokowi di Balaikota, Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Jokowi mengatakan, ia tidak ingin menunda lagi kelanjutan pembangunan dua moda transportasi massal berbasis rel tersebut, karena khawatir ada pihak lain yang menggoyang rencana pembangunan tersebut.

“Kalau lama-lama nanti ada yang bisik-bisik lagi, yang dikalkulasi apa nya lagi. Saya maunya cepat, tapi tanpa perhitungan mateng untuk apa,” jelasnya.

Mantan Walikota Surakarta, itu mengatakan kalau perhitungannya tidak secara matang dan teliti maka akan memberatkan Anggaran Pengeluaran Belanja Daerah (APBD).

“Kalau ini tidak betul, maka memberatkan APBD. Kalau tiket dan tarif gak bener akan beri beban masyarakat juga,” tandasnya.

Seperti diketahui, nasib kelanjutan proyek MRT sempat mengalami penundaan karena beberapa hal. Pertama belum adanya kesepakatan antara pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta, mengenai pembangian beban investasi pembangunan. Akhirnya kedua pihak setuju jika pemerintah memberikan bantuan sebesar 49% dari total investasi pembangunan.

Nasib MRT juga sempat tertunda karena adanya penolakan dari warga Jalan Fatmawati, yang meminta MRT dibangun secara subway. Nasib MRT juga kembali tertunda karena musibah banjir yang melanda Jakarta.

Proyek pembangunan MRT ini diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar sekitar Rp 15 triliun. Rencananya MRT akan dibangun dengan panjang jalur sekitar 15 kilometer yang melintas dari Lebak Bulus sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Inilah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top