Minggu , 26 Oktober 2014
HEADLINES
Anda Berada di: Home | Ekonomi | Ini modus terbaru korupsi di Bea Cukai

Ini modus terbaru korupsi di Bea Cukai

Bea Cukai Tanjung Priok

Bea Cukai Tanjung Priok

Jakarta (Care)-Modus baru tindak pidana korupsi di Kantor Pelayanan Bea Cukai Tanjung Priok Jakarta Utara berhasil di deteksi oleh Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta.

Modus tersebut dengan cara memanipulasi nilai transaksi nilai impor yang bertentangan dengan surat keputusan menteri dan keputusan pemerintah lainnya, sehingga negara dirugikan.

Didiek Darmanto, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta mengungkapkan penemuan adanya modus baru tersebut dan  pihaknya telah melakukan penyelidikan.

“Sementara ini kita masih fokus kepada dugaan telah terjadinya tindak pidana korupsi. Ini modus baru dalam bea cukai,” kata Didiek, di Jakarta, Rabu (26/6).

Didiek Darmanto enggan membeberkan berapa nilai dugaan kerugian negara yang ditimbulkan dari modus baru tersebut. Namun, Asisten Intelijen (Asintel) Kejati DKI Firdaus Dewilmar meyakini kalau pihaknya dapat membawa kasus tersebut ke pengadilan.

“Temuan tersebut masih diperdalam oleh pidana khusus (pidsus) DKI dalam bentuk penyelidikan. Kita yakin kasus ini bisa disidik dan dibawa ke pengadilan,” katanya.

Dikatakannya,  modus dengan menggelembungkan harga untuk barang impor seharga 20 dolar AS diubah menjadi 40 dolar AS. Pemeriksa barang impor menentukan harga secara sepihak tanpa memeriksa harga produk dari negara asal.

 Adanya penetapan harga sepihak juga menyebabkan pengusaha enggan mengikuti dan akibatnya barang menumpuk di pelabuhan dan barang menjadi langka di pasaran,” katanya.

0 comments on “Ini modus terbaru korupsi di Bea Cukai

  1. pajak,bea cukai,imigrasi,samsat punglinya terselubung…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top