Senin , 22 Desember 2014
HEADLINES
Anda Berada di: Home | Nasional | Ini Dia Enam Calon Kasad

Ini Dia Enam Calon Kasad

TNI AD

TNI AD

JAKARTA – Pucuk pimpinan di tubuh TNI Angkatan Darat segera berganti. Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo pensiun 5 Mei nanti. Penggantinya kini ada enam pejabat tinggi berpangkat letnan jenderal.

“Jadi, sebelum akhir Mei, sudah harus ada pengganti Kasad. Untuk Panglima TNI pun begitu, sebelum Agustus sudah harus ada pengganti saya,” ujar Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono usai mengikuti upacara Hari Kartini bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar di Silang Monas, Senin pagi.

Menurut Panglima TNI, ada enam perwira tinggi berpangkat letnan jenderal yang berpeluang menjadi Kasad. Beberapa nama sudah santer beredar akan menggantikan Kasad. Mereka ialah:

1. Wakasad Letjen Moeldoko. Dia merupakan salah saru prajurit yang memiliki karier cemerlang dibanding teman seangkatannya. Moeldoko merupakan peraih Adhi Makayasa di Akademi Militer 1981.
Karier pria kelahiran 6 Juli 1957 juga masih cukup panjang. Dia baru 2015 nanti. Jika melihat rekam jejaknya, Moeldoko memiliki kans menambah jumlah bintang di pundaknya.

2. Pangkostrad Letjen M. Munir juga tergolong moncer karirnya. Hanya dalam dua tahun, Akmil 1983 itu sudah meraih tiga bintang di pundaknya. Munir merupakan mantan ajudan Presiden SBY. Masa pensiunnya masih panjang yakni, Oktober 2016.

3. Dan Kodiklat Letjen TNI Gatot Nurmantyo termasuk perwira yang cepat meraih bintang di pundaknya. Sebagai Akmil 1982, Gatot tergolong perwira yang menonjol di angkatannya. Ia pernah menjadi Gubernur Akmil dan juga Pangdam V Brawijaya.

4. Sekjen Kemhan Letjen TNI Budiman termasuk yang senior. Budiman merupakan Akmil 1978. Dari segi angkatan, mantan Pangdam IV Diponegoro itu lebih tua dari Kasad Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo.

5. Sekjen Wantanas Letjen TNI Waris juga tergolong prajurit berkarir cemerlang. Dengan masa pensiun Desember 2015, terbuka peluang bagi mantan Pangdam Jaya dan mantan Dan Paspampres itu untuk mendapat promosi menjadi Kasad. Akmil 1981 itu dikenal sebagai jenderal tegas dengan gaya bicara yang spontan.

6. Irjen TNI Letjen Geerhan Lantara juga merupakan jenderal senior, sama seperti Letjen Budiman. Keduanya sama-sama lulusan Akmil 1978. Namun Geerhan akan memasuki masa pensiun lebih awal yakni Mei 2014. Gerhaan dikenal sebagai tentara pemberani. Saat terjadi insiden Santa Cruz di Timtim 1991, Gerhaan yang berpangkat mayor ditusuk hingga terluka parah. Gerhaan juga pernah mengambil posisi dalam penanganan bencana tsunami di Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top