Kamis , 24 April 2014
HEADLINES
Anda Berada di: Home | Nasional | Hasil Survey: Jokowi berpeluang Capres 2014

Hasil Survey: Jokowi berpeluang Capres 2014

Jokowi di tengah  Banjir Jakarta

Jokowi di tengah Banjir Jakarta

JAKARTA(Care)-Pemilu 2014 masih lama, namun sudah bermunculan nama-nama tokoh yang dianggap  pantas menjadi Presiden berikutnya.

Survey dan risetpun banyak dilakukan oleh beberapa lembaga survey dan memunculkan nama-nama tokoh baru baik yang tengah memimpin daerah maupun yang pernah memimpin.

Berdasarkan sekian banyak tokoh yang bermunculan sesuai kehendak masyarakat, terpilih 10 kandidat capres dan cawapres alternatif.

Namun tampaknya sepak terjang dan popularitas Joko Widodo atau panggilan akrabnya Jokowi menduduki posisi teratas berdasarkan survey tersebut.

Bagaimana proses survey tersebut muncul?

100 orang  juri yang   berlatar belakang akademisi bergelar profesor, rektor/guru besar universitas terkemuka, politisi, pakar berbagai bidang bergelar doktor, politisi senior berbagai parpol, pimpinan LSM, tokoh masyarakat dan agama, jurnalis dan tokoh media massa, pengamat politik, serta tokoh pemuda dan mahasiswa melakukan riset , wawancara langsung atau melalui kuesioner antara Maret-April 2013.

Mereka melakukan penilaian dari segi  integritas, intelektual/gagasan, visioner, leadership skill, pengalaman prestatif, keberanian mengambil keputusan, komunikasi publik, aspiratif dan responsif, penerimaan publik, dan penerimaan partai.

Menurut Direktur Eksekutif Pol Tracking Institute Handa Yuda, pihaknya memilih 100 tokoh yang pernah menjadi kepala daerah di era reformasi dan kemudian  kemudian diseleksi menjadi 10 tokoh terbaik melalui diskusi.

Ditambahkannya lagi,masyarakat sudah sangat jenuh  dengan tokoh lama yang kembali maju mencalonkan diri, padahal banyak tokoh daerah yang berpotensi menjadi pemimpin nasional.

“Nanti tokoh yang di pilih survey itu di sambut masyarakat seperti apa?”. tambah Hanta.

Inilah hasil riset Pol-Tracking Institute “Mencari Kandidat Alternatif 2014: Figur Potensi dari Daerah” yang dirilis di Jakarta, Minggu (5/5/2014).

Berikut 10 tokoh alternatif tersebut:

1. Jokowi (skor 82,54)
2. Walikota Surabaya Tri Rismaharini (skor 76,33)
3. Mantan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad (skor 70,38)
4. Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (skor 70,31)
5. Bupati Kutai Timur Isran Noor (skor 70,14)
6. Mantan Gubernur Sumatera Barat yang kini menjabat Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi (skor 70,01)
7. Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang (skor 69,93)
8. Walikota Yogyakarta Herry Zudianto (skor 69,78)
9. Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang (skor 68,39)
10. Mantan Walikota Blitar Djarot Syaiful Hidayat (skor 68,38).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top