Sabtu , 20 September 2014
HEADLINES
Anda Berada di: Home | Daerah | Audit Dana Kampanye Diproses Harkad Sampaikan Laporan

Audit Dana Kampanye Diproses Harkad Sampaikan Laporan

Pasangan Harkad (Harris,S.Sos.MH dan Drs.H.Khafid Mueid, masing didampinggi Istri berfoto bersama pendukungnya, sebelum digelarnya Deklarasi pasangan mereka. Di KONI Mesurai, Kota Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi.

Pasangan Harkad (Harris,S.Sos.MH dan Drs.H.Khafid Mueid, masing didampinggi Istri berfoto bersama pendukungnya, sebelum digelarnya Deklarasi pasangan mereka. Di KONI Mesurai, Kota Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi.

BANGKO,- (Care). Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) kabupaten Merangin baru saja selesai digelar, 25 Maret 2013, lalu pemenangnyapun, sudah ditetap KPUD, pasangan Harkad. Namun, proses audit terhadap dana pasangan calon pada masa kampanye, masih diproses Kantor Akuntan Publik (KAP), atas rekomendasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin.

Arman Nazar, sumber Cahaya Reformasi.com, di Bangko, Kabupaten Merangin menyebutkan, dari empat pasangan calon yang bertarung, pada kompetisi lalu, hanya pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Harkad (Harris,S.Sos,MH – Drs.HA.Khafid Muied) yang menyerahkan laporan pemakaian dana semasa kampanye.

 Harlep, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merangin, menyebutkan tidak ada aturan yang mengikat bagi tiga pasangan calon yang kalah, jika tidak menyerahkan laporan jumlah anggaran dana kampanye yang mereka gunakan dalam tahapan kampanye sebelumnya.
Bagi mereka, memang ‘’tidak ada sanksi bagi tiga pasangan calon yang gagal dalam pesta demokrasi, pemililihan pemimpin daerah yang yang bersemboyankan, “Bumi Tali Undang, Tambang Teliti,” Kabupaten Merangi, kali ini.

Jika mereka mau melaporkan itu lebih baik, tapi kalau tidak ya tidak jadi masalah, artinya tidak ada sanksinya,” ujar Nanda Al Firdaus, Anggota KPU Merangin Divisi Hukum dan Organisasi.

  Bebas sanksi, tidak menyerahkan laporan dana kampanye, dikarenakan selain tidak adanya aturan yang mengikat, juga tidak adanya kepentingan lebih lanjut.

‘’Biasanya, pasangan yang kalah tidak menyerahkan laporannya, terbukti sampai sekarang, (2/4) tiga pasangan lainnya tidak menyerahkan laporannya, sementara deadline waktu laporannya sudah habis. Namun, bagi pasangan terpilih memang wajib melaporkan dana kampanye untuk di audit,” tegasnya.

 Dalam kesempatan itu, ditambahkan, khusus untuk pasangan terpilih, pasangan Harris-Khafied (Harkad) sudah menyerahkan laporannya sesuai dengan jadwal yang ditetapkannya, setelah  tiga hari masa pemungutan suara dilaksanakan.

 Laporan pasangan berjargon “MERANGIN EMAS 2018,” tersebut, KPU Merangin meneyerahkan ke pihak KAP yang mengaudit dana tersebut selama dua pekan setalah diserahkannya laporan tersebut oleh tim pasangan calon.

 Pihak KUPD Merangin juga sudah ‘’menyerahkannya kepihak KAP, sesuai rentetan jadwal yang diatur sebelumnya, laporan tersebut akan diaudit selama 14 hari kerja, setelah itu barulah nanti akan diserahkan hasilnya kepada kita,” kata Nanda.

Guna mengedepankan transparansi hasil audit hasil dana kampanye tersebut, pihaknya akan mengumumkan hasil audit kepada msayarakat.

 ‘’Biar semua masyarakat mendapat informasinya, sesuai dengan komitmen, keterbukaan dalam setiap tahapan Pemilukada, Alhamdulillah sukses”. (Zainul Aris, Dari Kota Jambi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top