Selasa , 29 Juli 2014
HEADLINES
Anda Berada di: Home | Daerah | Presiden RI Serahkan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2012 Pada Bupati Rohul

Presiden RI Serahkan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2012 Pada Bupati Rohul

Bupati Achmad terima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara tahun 2012, dari Presiden RI.Penghargaan kehormatan ini, merupakan penghargaan tertinggi di bidang ketahanan pangan

Bupati Achmad terima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara tahun
2012, dari Presiden RI.Penghargaan kehormatan ini, merupakan
penghargaan tertinggi di bidang ketahanan pangan

Rohul (CARE) -Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono serahkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara  Tahun 2012 pada Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Achmad,  MSi, Jumat (14/12), sore di Istana Negara Jakarta untuk kategori pembina, penghargaan tertinggi di bidang ketahanan pangan ini sebagai bukti komitmen Bupati Rohul dalam mewujudkan dan mensukseskan ketahanan pangan di daerah.

Tidak semua kepala daerah  di Indonesia mendapatkan penghargaan luar biasa itu, meski Presiden RI telah memberikan berbagai pengharagaan pada kepala daerah di Istana Negara, tetapi penghargaan di bidang ketahanan pangan ini, mendapat tempat dan perhatian khusus bagi Presiden RI.

Alasan Presiden R I adanya ke khususan dalam penghargaan ini, sebab problemtika bangsa Indonesia, sedang mengalami krisis ketahanan pangan, maka dibutuhkan kolektifitas dalam penanggulangannya,

Penerima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara tahun 2012, selain Bupati Rohul satu-satunya kepala daerah di Provinsi Riau,  juga Bupati Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara (Sumut), 2  kepala daerah ini mewakili pulau Sumatera.

Dalam sambutan, Presiden RI SBY, menekankan pada seluruh kepala daerah se Indonesia, dalam mengatasi krisis pangan, untuk dapat meningkatakan produksi pangan, mengatasi Alih fungsi lahan, meningkatan produktifitas dan memperhatikan kesejahteraan para petani.

Usai menerima penghargaan, Bupati Rohul Drs H Achmad MSi, sampaikan ucapan terima kasih pada Presiden RI, atas penghargaan itu, berarti Rohul, dipantau dan  dimonitor kinerjanya di daerah, pemberian penghargaan itu jadi motivasi serta pemicu semangat untuk terus kembangankan program ketahanan pangan.

Dijelaskan, selaku kepala daerah komitmen tetap mendukung pemerintah pusat dalam mengatasi krisis pangan, upayanya, mempertahankan lahan pangan itu sendiri, di samping memperluas areal, menggunakan teknologi bibit unggul, teknologi pertanian dan upaya lainnya, di samping itu adanya kerja keras petani, sehingga harga pangan dapat terjangkau.

’’Itu tetap dilakukan dengan konsistensi dalam progress bidang ketahanan pangan, rencananya, kita akan memperluas areal tanaman pangan khususnya sawah, seluas 50 ribu hektar, sudah ada koordinasi dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan, sedangkan sistemnya,  lahan persawahan tahap awal menanam pola inti plasma, seperti program pola KKPA Sawit,’’jelasnya.

Diharapkan, masyarakat mendapatkan lahan sawah 4 hektar tiap Kepala Keluarga (KK), Rohul merupakan sentral produksi beras Riau, sedangkan Provinsi  Riau ke depan jadi sentral produksi beras di pulau Sumatera,  progrm ini, diberinya penghargaaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2012,

Ditegaskan,  Pemkab Rohul terhadap memimalisir penurun angka kemiskinan dan
meningkatnya kesejahteraan petani dengan melakukan, progress di bidang ketahanan, karena sudah memberikan dampak positif pada kesejahteraan rakyat, cuma perlu perbaikan system untuk peningkatakan produksifitas.

Diutarakan, ketersedian pangan, mengatasi kelangkaan dan krisis pangan, ada konsep strategis yakni  “3M”, Mengumpulkan, Mendistribusikan dan Mengawasi, cuma perlunya managerial, sehingga tidak terjadi kerawanan pangan, petani sebagai ujung tombak terdepan, maka perlu ilmu panca usaha tani, seperti mengolah tanah, merawat tanaman, progress itu perlu kesungguhan,  keterampilan, sehingga mendapat hasil memuaskan. (end)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top